Melirik Usaha Budidaya Ternak Keong Mas Untuk Kuliner Serta Pakan Ternak

Usaha Budidaya Ternak Keong Mas – Sebagian petani di sawah tentunya sering jengkel dengan hama yang satu ini. Fikirkan saja, hanya dengan ekor keong mas, hasil panen padi bisa turun hingga 15%.

Hebatnya lagi, rusaknya karna keong ini tetap masih berlanjut setelah 50 hari paskah panen. Pertanyaannya, kenapa jadi ada orang yang buka peluang usaha  budidaya ternak keong mas, ya?

Saksikan ketertarikan beberapa aktor usaha budidaya ternak keong, saya tertarik untuk sedikit mengulas peluang usaha dari mahluk lambat ini.

Manfaat Keong Mas untuk Kesehatan

Terlepas dari kebencian petani padi pada keong mas, kenyataannya hama ini memiliki kandungan protein tinggi. Lewat uji proksimat, kandungan protein keong mas sekitaran pada 16%-50%.

Kerennya lagi, 40% massa tubuh terdiri dari protein. Kandungan zat lain yang ada pada hewan ini terdiri dari asam omega-3, -6 dan -9. Kita bisa pula membuatnya jadi sumber daya yang cukup cuma keseluruhnya nilai gizi 83 kalorii, lemak 0, 4 gr, protein 12, 2 gr, fosfor 61mg, karbohidrat 6, 6 gr kalium 17 mg, natrium 40 mg, niacin 1, 8 mg, riboflavin 12 mg dan kandungan mineral butuh dari Zn, vitamin C, Iodium dan yang beda.

Anak-anak juga disarankan mengkonsumsi daging keong mas karna kaya kalsium.

Seberapa Untungkan Usaha Budidaya Ternak Keong Mas?

Terdapat beberapa peluang yang bisa didapat hanya dengan buka usaha budidaya ternak keong mas. Peluang bisnis yang bisa Anda raih salah satunya :

1. Untuk Usaha Kuliner

Sekarang ini terdapat beberapa usaha kuliner yang berbasiskan keong mas, seperti sate, pepes, dendeng, sambel hingga kerupuk. Anda mungkin saja membuatnya jadi usaha sampingan.

Bahkan kepercayaan beberapa orang pada hewan keluarga molusca ini tetap masih tinggi sampai begitu mungkin saja peluang omset tinggi begitu ada.

2. Untuk Pakan Ternak

Nah, keuntungan yang bisa didapat dengan usaha budidaya ternak keong mas yakni jadi pakan ternak. Tingginya protein demikian bagus untuk perubahan budidaya ternak Anda mulai dari udang, ikan, bebek dan yang beda. Bahkan juga banyak juga peternak bebek yang mengaku peroleh keuntungan lebih.

Bebek bisa menghasikan telur dengan jumlah 80% lebih tinggi. Bukan hanya itu, mencampurkan 4, 5% tepung keong mas untuk pakan sapi potong juga berikan hasil yang demikian perlu.

Nah, jadi tidak butuh ragu cobalah usaha budidaya ternak keong ini karna pasar Anda demikian luas.

Bagaimana Langkah Mulai Usaha Budidaya Keong Mas?

1. Pembuatan Kolam Keong

Mudah saja mulai budidaya keong mas. Anda bisa menggunakan terpal atau tembok buat untuk kolam. Hanya saja, buat ketinggian kolam 5 kali lebih tinggi dari genangan air. Umpamanya Anda bikin kolam dengan genangan air 10 cm, jadi tinggi tembok kolam baiknya 60 cm untuk menghindar keong keluar dari habitatnya.

Disarankan buat kolamyang terbuat dari tanah atau semen. Sebab, keong kelak akan meletakkan telurnya pada dinding kolam. Sebentar terpal tidak bisa digunakan untuk menyimpan telur karna licin.

2. Pembibitan Keong Mas

Pembibitan keong mas cukup mudah. Sediakan saja ranting pohon untuk menempatkan telur.

3. Pakan Keong Mas

Pakan keong mas juga demikian mudah. Gunakan sayuran seperti selada, sawi atau letakkan enceng gondok di dalam kolam. Pemberian makan keong mas ini baiknya ditangani 4-5 kali sehari.

Sebentar bayi keong memiliki tipe pakan berbeda. Mereka relatif makan lumut dan alga.

System Panen Keong Mas

eong mas bisa dipanen jika umurnya sudah mencapai 1 bln. dengan ukuran sama seperti selera Anda. Lalu, tinggal langkah Anda memasarkannya ke orang yang beda.

Penjualan keong mas bisa beragam jenis. Anda bisa menjualnya berupa daging atau berupa tepung cangkang. Rata-rata harga yang di bandrol untuk 1 kg daging keong mas pada Rp15. 000 – Rp20. 000, sebentar untuk tepung cangkangnya Rp8000 per kg-nya.

Penjualannya dapat juga Anda lakukan dengan online. Banyak peternak di luar kota yang mencari keong mas jadi bahan gabungan pellet. Untuk jual daging keong, menawarkannya pada pengusaha kuliner yakni pilihan yang paling cocok.

Namun, contoh memiliki beberapa tipe peternakan seperti sapi potong, itik, ikan lele dan yang beda, kelihatannya keong mas Anda akan demikian berguna karna bisa tingkatkan produksi dengan waktu yang relatif singkat.

Leave a Reply