Ini Dia, Manfaat Jintan Yang Sangat Mengejutkan!

Manfaat kesehatan jinten termasuk kemampuannya untuk membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengobati kelainan kulit, insomnia, gangguan pernafasan, asma, bronkitis, anemia, kelainan kulit, bisul, dan kanker.

Apa itu jinten?

Jinten, yang secara ilmiah dikenal sebagai Cuminum cyminum, milik keluarga Apiaceae. Ini banyak digunakan sebagai bumbu atau bumbu dalam praktik kuliner di benua India dan beberapa negara Asia, Afrika dan Amerika Latin lainnya. Cumin menawarkan sejumlah nutrisi penting yang bisa membantu Anda tetap sehat. Karena aroma yang kuat, hanya sejumlah kecil minyak esensial jinten yang digunakan dalam resep untuk memberi ini pukulan yang kuat. Minyak esensial jintan juga dikaitkan dengan sifat bakterisidal, karminatif, pencernaan, diuretik dan antiseptik untuk berbagai manfaat lainnya.

Fakta Nutrisi Jintan

Jinten adalah sumber energi yang baik, vitamin A, C, E & B6, tiamin, riboflavin, niasin dan vitamin, dan mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, fosfor, dan potassium. Hal ini juga kaya protein dan asam amino, karbohidrat, serat makanan dan jumlah yang wajar lemak & asam lemak. Mengkonsumsi satu sendok teh jinten setiap hari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

manfaat jintan

manfaat jintan

Manfaat Kesehatan Jinten

Jinten dikenal karena manfaat yang ditawarkannya, lebih dari rasa atau rasanya, karena membantu menurunkan berat badan, memperbaiki pencernaan dan kekebalan tubuh, dan mengobati gangguan kulit, bisul, tumpukan, insomnia dan gangguan pernafasan. Marilah kita memahami setiap manfaat secara rinci.

Mengatur Digestion

Jinten sangat baik untuk masalah pencernaan. Aroma yang berasal dari senyawa organik yang disebut Cuminaldehyde, komponen utama minyak esensialnya, mengaktifkan kelenjar liur di mulut kita, yang memudahkan pencernaan makanan. Selanjutnya adalah timol, senyawa yang ada dalam jinten, yang merangsang kelenjar yang mengeluarkan asam, empedu, dan enzim yang bertanggung jawab untuk pencernaan makanan dalam perut dan usus secara tuntas. Jinten juga bersifat karminatif, yang berarti mengurangi Anda dari masalah gas, dan dengan demikian, meningkatkan pencernaan dan nafsu makan. Karena kandungan minyak esensial, magnesium, dan sodiumnya, jinten mempromosikan pencernaan dan juga memberi kelegaan dari sakit perut saat dikonsumsi dengan air panas.

Cures Piles

Penyebab utama di balik tumpukan (wasir) adalah konstipasi ditambah dengan infeksi pada luka di saluran anal, yang juga disebabkan oleh konstipasi. Jinten karena kandungan serat makanannya, dan sifat karminatif, merangsang, antijamur dan antimikroba, bertindak sebagai pencahar alami dalam bentuk bubuk. Karakteristik ini disebabkan oleh adanya minyak esensial yang terdiri dari cuminaldehyde dan pyrazines tertentu. Menambahkan jinten ke makanan Anda juga membantu penyembuhan infeksi pada sistem pencernaan dan ekskretoris dan mempercepat pencernaan juga. Penting untuk dicatat bahwa ia mampu membersihkan semua gejala dan penyebab wasir.

Mencegah Diabetes

Meski penelitian masih berlangsung, penelitian awal melaporkan bahwa jinten, di antara sejumlah rempah lainnya, dapat memiliki efek ampuh dalam mencegah diabetes dengan mengurangi kemungkinan hipoglikemia. Hewan yang diuji menunjukkan penurunan tajam pada hipoglikemia saat memberi makan biji jinten dalam makanan mereka. Mereka juga menunjukkan penurunan glukosuria, yaitu kondisi dimana urine mengandung terlalu banyak glukosa, juga mengakibatkan terjadinya hipoglikemia dan diabetes. Pengujian manusia sedang berlangsung, namun laporan awal menunjukkan bahwa jinten bisa menjadi alat yang sangat ampuh dalam perang melawan diabetes.

Mengobati Insomnia

Ini adalah sifat jinten yang sangat aneh. Ini adalah stimulan sekaligus relaksan pada saat bersamaan. Properti ini tidak dapat dikaitkan dengan komponen tunggal saja, sama seperti penyebab insomnia tidak dapat dikaitkan dengan penyebab tunggal. Namun, penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin yang tepat (terutama B-kompleks) dan pencernaan yang baik membantu menginduksi tidur nyenyak. Beberapa komponen minyak esensial jintan bersifat hipnotis dan memiliki efek penenang, yang juga membantu meredakan stres dan kecemasan yang umumnya menyebabkan insomnia.

Mengobati Asma & Bronkitis

Kehadiran kafein (agen stimulasi), dan minyak esensial aromatik yang kaya (desinfektan) membuat jinten kombinasi anti-kongestif yang ideal bagi mereka yang menderita gangguan pernafasan seperti asma dan bronkitis. Ini bertindak sebagai ekspektoran, yang berarti mengendur akumulasi dahak dan lendir di saluran pernafasan, dan membuatnya lebih mudah untuk menghilangkannya dari sistem melalui bersin atau batuk dan meludah.

Leave a Reply