Info Menarik Mual Saat Masa Kehamilan

Kehamilan adalah hal yang ditunggu – tunggu oleh semua pasangan apalagi yang baru saja menikah, namun saat hamil tak jarang bunda mengalami yang namanya mual dan muntah atau sering juga disebut morning sickness. Terjadi pada kehamilan kurang dari 12 minggu atau di trimester I sampai akhir trimester II dan kadang ada pula yang mengalaminya hingga kehamilan memasuki bulan yang ke 9 .

Saat mual atau muntah perut bunda akan terasa seperti diaduk – aduk dan kadang diserati rasa pusing pada kepala , nafsu makan naik turun. kali ini tim tentangibu akan menjabarkan tentang penyebab mual saat hamil ini antara lain :

1. Meningkatnya hormon Estrogen . membuat asam lambung juga meningkat sehingga adanya rasa mual dan muntah . biasanya terjadi pada pagi hari karena perut bunda yang kosong dan asam lambung sedang meningkat

2. Faktor HCG .adalah Human Chorionic Gonodotrophin, hormone yang diproduksi placenta yang menjadi salah satu penyebab bunda mengalami rasa mual atau muntah.

3. Berubahnya metabolisme glikogen hati. Salah satu penyebab terjadi nya bunda mengalami mula dan muntah , tapi keluhan bunda ini akan hilang saat metabolism glikogen dalam bunda mengalami kompensasi.

4. Faktor psikologis. Jika bunda bunda yang belum menginginkan kehamilan akan merasakan rasa mula dan muntah dikarenakan psikologis nya yg belum siap dan tertekan yang menyebabkan rasa tersebut.

Beberapa factor atau penyebab terjadinya mual dan muntah pada bunda yang sedang mengandung dapat diatasi dan ini lah cara – cara mengatasi dan menghilangkan mual saat hamil:

1. Makan dalam jumlah sedikit tapi sering ,Bunda yang sedang hamil dianjurkan untuk mengurangi makanan bunda dalam porsi kecil/sedikit karena porsi besar hanya kana membuat bunda tambah mual , makan makanan pencegah mual saat hamil seperti roti kentang biskuit, tapi juga bunda harus sering makan sekitar 5 sampai 6 kali dalam sehari , untuk mejaga nutrisi bunda.

2. Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun , Bangun perlahan , lalu duduk untuk beberapa menit , dan bila bunda merasa mual saat baru bangun siapkan biscuit atau makanan snack di sebelah bunda , coba makan dulu baru beranjak dari kamar tidur.

3.Jauhi makanan yang bisa membuat produksi gas berlebih di dalam lambung. Seperti yang berminyak atau berlemak dan makanan yang pedas.

5.Dan minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi karena mual dan muntah dan sebaiknya minum air putih hindari yang bersoda atau berkafein.

6. Mengkonsumsi vitamin mungkin bisa membuat rasa mual bunda bertambah , tapi bund ajuga memerlukan nutrisi yang banyak saat sedang mengandung, jadi lebih baik jika mual bunda sangat berlebihan saat mengkonsumsi vitamin konsulatsi kan pada dokter anda agar diberi repe yang cocok untuk vitamin anda.

7.Biasanya cara tradisional dalam mengurangi rasa mual adalah jahe , dengan jahe rasa mual bunda pasti hilang dan juga aman untuk bunda dan bayinya. Serta istirahat yang yang banyak coba untuk relax dapat mengatasi rasa mual dan muntah juga.

Itulah beberapa penyebab dan beberapa cara yang mungkin bisa bunda coba jika terjadi mual saat hamil Semoga bermanfaat

Leave a Reply