Cara Menulis Novel Bagi Pemula

Mungkin pernah terlintas di kepala anda bahwa menulis adalah pekerjaan impian terindah. Sebab selain menyenangkan, hanya dengan menulis saja anda sudah bisa terkenal dan sekaligus mendapatkan honor yang banyak. Karya yang anda terbitkan tidak hanya akan dibaca oleh orang banyak, namun mungkin bisa jadi anda juga dapat masuk ke dalam jajaran penulis novel terkenal seperti dee atau yang lainnya.

Namun impian itu terkadang hanyalah terlintas di kepala kita saja dan tidak pernah kita praktekkan. Mungkin beberapa dari anda pernah mempraktekkannya dengan memulai membuat novel. Namun cerita yang anda kerjakan kemudian mandet dan anda tidak tahu harus melanjutkannya dari mana lagi. Dan terakhir alasan yang anda ungkapkan adalah anda hanyalah seorang pemula dan anda tidak tahu bagaimana cara menulis novel.

Percaya atau tidak sebenarnya ada tahap tahap yang perlu anda pelajari sebelum anda memulai menulis novel. Salah satunya adalah anda harus membangun pondasi yang kuat, karena tugas seorang novelis itu adalah berbagi perasaan kepada pembacanya lewat buku. Jadi apa jadinya jika alur cerita dan bobot cerita yang anda tulis itu tidak kuat dan tidak jelas, maka perasaan yang anda sampaikan itu akan hanyut bersama dengan cerita di dalamnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda membangun pondasi kuat sebelum memulai menulis, dan salah satunya adalah dengan melakukan riset dan menggali serta menentukan tema cerita novel anda. Ide yang ingin anda sampaikan haruslah berupa gambaran umum mengenai cerita yang ingin anda tulis.

Anda harus ingat, bahwa novel yang bagus tidak harus memiliki ide yang original. Jalan cerita yang biasa terdapat di cerita novel juga dapat anda pergunakan, seperti cinta segitiga dan cinta antar sahabat misalkan. Anda tidak boleh beralasan anda tidak memiliki ide dan akhirnya menyerah ditengah jalan, anda harus bisa mencari ide, meski betapa buntunya diri anda. Tanyakanlah kepada pacar anda, atau teman sahabat anda, tanyakanlah pengalaman dan beberapa opini kepada orang tua anda, dan pastikan bahwa tema novel anda jelas dan tepat.

Jika anda sudah siap menentukan tema cerita, maka hal lain dan selanjutnya harus anda lakukan adalah menentukan tokoh karakter dalam cerita anda. Tokoh karakter itu juga dapat berupa nama, jenis kelamin dan kepribadian, hobi, dan lain sebagainya. Anda juga perlu untuk menentukan posisi masing masing karakter yang anda ciptakan, posisi protagonis, antagonis, maupun karakter pendukung serta tokoh figuran atau pelengkap cerita tersebut.

Pada dasarnya, proses pembuatan novel itu dimana mana tetap sama, dan hal yang paling lazim anda pikirkan adalah bagaimana alur atau plot yang akan menentukan kemana arah cerita anda akan dibawa.

Setelah beberapa langkah yang perlu anda lakukan sebelum menulis novel di atas ini, anda mungkin sudah bisa memulai untuk menulis novel pertama anda. Jangan mengharapkan cerita yang langsung jadi dan wow dalam percobaan pertama anda. Anda mungkin akan melakukan beberapa puluh kali revisi sebelum cerita novel anda menjadi sebuah cerita yang utuh. Dan jika anda mengalami beberapa kendala, atau ada tahap tahap yang kurang jelas, atau apapun yang ingin anda tanyakan, anda bisa mencari seorang mentor atau seseorang yang sudah berpengalaman dalam menulis novel sebelumnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply