Cara menjawab pertanyaan saat interview kerja

Mencari dan mendapatkan pekerjaan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan, jika Anda adalah seorang fresh graduate, maka untuk mencari pengalam kerja adalah hal yang paling diutaman, jangan hanya gaji yang diutamakan, karena para perusahan profesional hanya akan menerima karyawan yang banyak pengalamannya.

Jadi jangan terburu-buru untuk berada diatas, karena semua ini butuh proses, dan proses itu sangat panjang dan terbuka bagi para Anda yang berani.

Memang sih banyak para fresh graduate yang tidak langsung bekerja, ada yang kuliah dulu, ada yang kursus dulu atau bahkan ada yang langsung buka usaha.

Jika Anda ketika baru lulus dan tidak kuliah, maka carilah pekerjaan dengan melamar, ada banyak lowongan kerja yang ada disekitar kita, kita bisa melihat dan mencarinya di koran, internet dan mencari tau saudara-saudara kita.

Ketika sudah ada loker maka cobalah untuk membuat lamaran, dan cara membuat lamaran juga banyak dicontohkan di internet, jadi jangan malas-malas ya.

Setelah lamaran dikasih keperusahan maka kita tinggal nunggu pangilan untuk interview, jika Anda beruntung maka interview adalah hal yang paling penting, karena dengan interview seorang HRD akan tau kualitas kita, jadi jangan minder ya waktu menerima interview.

Jika Anda minder saya punya tips-tips untuk menjawabnya, penasaran yuk simak ulasan kami berikut ini ya.

Ceritakan tentan diri Anda

Ini adalah hal pertama yang akan ditanyakan oleh HRD kepada kita, maka jangan gugup, kita jawab aja sekenanya, bisa kita cerita nama, usia, sekolah dan lain-lain, oh ya jangan banyak-banyak karena itu sangat membosankan bagi HRD nya.

Apa kelebihanmu?

Ini adalah hal berikutnya yang mungkin ditanyakan oleh HRD, maka jawab saja, karena kita baru lulus sekolah maka kita jawab saja, saya seorang yang disiplin dan pekerja keras, mudah-mudahan dengan jawaban ini dapat memberikan masukan  yang baik bagi kita untuk diterima.

Apa kelemahan utama kamu?

Setelah itu akan ditanyai ini, jika iya maka jawab aja sejujurnya, jangan bertele-tele ataupun malu, karena itu semua hanya mengetes, apakah kita jujur atau tidak.

Nah mungkin cukup sekita tips nya masih banyak sekali yang belum tapi intinya adalah semua itu butuh ketenangan, kejujuran dan rasa percaya diri, jadi jangan takut ya saat interview.

Leave a Reply