Cara Membedakan Jam Tangan Rolex Asli dan Palsu dengan Memeriksa Kecacatan Utama

Cara Membedakan Jam Tangan Rolex Asli dan Palsu dengan Memeriksa Kecacatan Utama

Bagi para pecinta jam tangan, tentu tidak asing lagi dengan jam tangan Rolex. Jam ini diklaim sebagai jam tangan yang mengusung nilai keanggunan dan kemewahan. Hal tersebut tidak terlepas dari bahan-bahan penyusunnya yang berkualitas sangat baik dan mahal. Akibatnya, jam tangan Rolex asli pun dibanderol dengan harga yang selangit.

Meskipun harganya terbilang cukup tinggi, namun tidak sedikit para pecinta jam tangan yang memutuskan untuk mengoleksi jam tangan Rolex. Namun karena tingginya harga dari jam tangan tersebut, tidak sedikit para produsen yang tidak bertanggung jawab yang menjual versi palsu dengan harga yang lebih terjangkau.

Lantas, bagaimana cara membedakan jam tangan Rolex asli dan palsu ? Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membedakan jam tangan Rolex asli dan palsu, selainĀ harga jam tangan rolex ialah dengan melakukan pemeriksaan kecacatan fisiknya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

1. Dengarkan bunyi detak jam tangan.

Jam tangan biasa dengan harga yang murah biasanya memiliki gerakan jatum yang detiknya tersentak-sentak dan terpotong-potong. Karena merupakan jam tangan kuarsa, perpindahan jarum detik dari posisi satu ke posisi lainnya sangatlah terdengar.

Berbanding terbalik dengan hal ini, jam tangan Rolex memiliki jarum detik yang gerakannya nyaris sangat halus hingga tidak menimbulkan bunyi. Gerakannya terbilang otomatis karena bukan termasuk jam tangan kuarsa.

2. Perhatikan gerakan jarum detik.

Jam tangan Rolex memiliki jarum detik yang perputarannya sangat halus. Namun ketika dilihat dari jarak yang sangat dekat, gerakan jarum detik tersebut pada dasarnya tidaklah sangat mulus. Kendati demikian, jarum tersebut masih terlihat mampu bergerak sangat mulus ketika dilihat dengan mata telanjang.

3. Perhatikan pembesaran palsu di tanggal.

Hampir seluruh jam tangan Rolex dilengkapi dengan lempeng atau cakra jam yang berguna untuk menampilkan tanggal. Lempengan ini terletak di sebelah kanan jam tangan, lebih tepatnya dekat dengna pukul 3. Untuk memudahkan para pengguna untuk melihat tanggal tersebut, Rolex menambahkan sebuah lensa pembesar yang berukuran cukup kecil di atas lempengan.

Hal ini merupakan bagian yang sangat sulit untuk ditiru. Jam tangan Rolex palsu biasanya hanya menampilkan tanggal seperti kaca pembesar, namun ketika diperhatikan secara seksama ia hanyalah kaca biasa. Jika kaca pembesar yang terdapat di atas lempengan tanggal tersebut tidak mampu membuat tanggal nampak membesar, maka dapat dipastikan bahwa jam tangan Rolex tersebut adalah palsu.

4. Kendurkan batang putaran jam tangan.

Cara selanjutnya membedakan jam tangan Rolex asli dan palsu ialah dengan mengendurkan batang putaran jam tangan, kemudian memutar kembali jarumnya untuk melakukan perubahan terhadap tanggal. Ketika berada di posisi 6, jam tangan akan berubah ke tanggal sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu tanda jam tangan Rolex asli yang tentunya sangat tidak mungkin ditiru oleh jam tangan palsu.

5. Rasakan bobot jam tangan Rolex.

Jam tangan Rolex asli terbuat dari bahan logam dan kristal asli, sehingga tidak heran jika bobotnya agak berat. Ketika dikenakan di pergelangan tangan, jam tangan tersebut terasa sangat padat, agak berat dan kokoh.

Dengan demikian, jika Anda menemui jam tangan Rolex dengan bobot yang ringan, tentu patut dicurigai. Hal tersebut bisa saja disebabkan kualitas yang dimiliki oleh jam tangan tersebut tidaklah berkualitas baik. Bahkan, bisa jadi jam tangan Rolex dengan bobot ringan tersebut merupakan benda palsu.

Leave a Reply